Metalcore Root

0 komentar

Metalcore adalah suatu istilah pendeskripsian jenis musik gabungan dari Hardcore Punk dengan Extreme Metal. Genre ini muncul belakangan pada era 2000'an tapi sudah menunjukkan ciri-cirinya sejak era 90'an. merunut sejarah, awal bgtnya sich dimulai dari masa awal 80an ketika hardcore punk juga dipengaruhi heavy & thrash metal, begitupun sebaliknya saling mempengaruhi. era ini berkelanjutan ke era Crossover thrash (1984–1988), Metallic hardcore (1989–2000) lalu Melodic metalcore (1995–present).

Musik 'metalcore' memiliki ciri khas berupa gitar stem drop D sampai C, terkadang full scream, namun saat ini ada juga yang equalizer yang biasanya ada dalam reffrain lagu. Biasanya, metalcore dalam hal gitar ritmik tidak serumit death metal namun band-band metalcore kebanyakan bermelodi cadas dan rumit. Jika tidak bermelodi, biasanya ritmiknya yang rumit. Awalnya riff/chord metallic HC banyak mengambil riff-riff Slayer, Metallica, Kreator, juga band-band Death Metal seperti Bolt Thrower, Death, Dismember, Entombed serta pengaruh dari black metal seperti Marduk ataupun Naglfar.

Mulai akhir 90an pengaruh dari band-band Swedish metal atau sound Skandinavia (dominasi unsur Melodic Death Metal) cukup signifikan mempengaruhi eksplorasi sound maupun chord metalcore akhir 90an, dimana musik melodic death metal khas swedia sedang hype dan banyak band memainkannya/mengambil unsurnya. coba cek Heaven shall Burn (terasa pengaruh kental dari Bolt Thrower), nama bandpun diambil dari judul lagu Marduk, nuansa gelap-pun diambil dari band-band black metal. coba cek Shai Hulud, unsur Metallica, Death, dipadu dengan Bad Religion & NOFX maupun Voivod juga banyak mempengaruhinya. Killswitch Engage album awalnya juga terpengaruh oleh In Flames.

Band-band era 2000an dan sudah banyak menjadi industri (pasar) dengan genre yang sekarang familiar disebut sebagai metalcore antara lain dimulai dari kesuksesan Avenged Sevenfold (dulu awalnya cukup 'newskool hardcore' dgn gaya punk & heavy metal serta suara screech/scream mixed with clean voice, skrg sudah sgt glam modern hardrock style) dan jauh dari metallic HC atau metalcore.

metalcore atau yang di awal 90an biasa di sebut metallic hardcore, bisa dibilang pelopor dari genre ini adalah Integrity karena album pertama mereka "Those Who Fear Tomorrow" yang telah dinobatkan sebagai "Metalcore At Its Best" ato "the blueprint that gave birth to metalcore" oleh banyak penggemar dan pengamat musik hardcore.

betul banget emang kalo band crossover macem Cro Mags udah lahir duluan sebelom integrity. tapi yang bener2 ngasih impact dan ngasih jalan ke genre yang baru adalah integrity. dan di pertengahan 90 muncul dah Shai Hulud. Shai Hulud bisa dibilang band yang influential banget, bahkan ampe sekarang influence nya masih kerasa ampe sekarang. band kaya Killswitch Engage, As I Lay Dying 7 angels 7 plagues ngambil sound mereka dari Shai Hulud. selain shai hulud ada band band lain yang mempopulerkan metalcore ke audience yang lebih luas seperti Skycamefalling, Strongarm, Unbroken dll.

selain Shai Hulud, ada juga Converge yang membantu menentukan banyak dasar-dasar dari Metalcore yang sedang berkembang cepat dan genre mathcore. di akhir 90 ada sekiranya 4 band yang berperan penting dalam pembentukan genre ini yaitu, Converge, The Dillinger Escape Plan (terima ato ngga mereka tetep Metalcore-influenced Mathcore), Botch dan Cave In.

nah di taun 2000an metalcore udah nembus ke dunia mainstream berkat beberapa band yang mengambil sound yang lebih nge pop namun tidak mengurangi sisi hardcore mereka seperti Killswitch Engage, As I Lay Dying dan 36 Crazyfists.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. sp4harapan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger